KONSEP PEMODELAN GRAFIK
Mata Kuliah :
Desain Pemodelan Grafik
Nama : Tara Amanda Gentawini
NPM
: 56415812
Kelas
: 3IA22
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Desain merupakan
perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur.
Kemudian, kata “desain” dapat digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja.
Dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang
berintegrasi dengan teknologi. Desain dikenakan pada bentuk sebuah rencana,
dalam hal ini dapat berupa proposal, gambar, model, maupun deskripsi. Jadi
dapat dikatan, desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu. Desain lahir
dari penerjemahan kepentingan, keperluan, data maupun jawaban atas sebuah
masalah dengan metode-metode yang dianggap komprehensif, baik itu riset,
brainstorming, pemikiran maupun memodifikasi desain yang sudah ada sebelumnya.
Proses desain pada
umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek
lainnya dengan sumber data yang didapatkan dari riset, pemikiran,
brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini,
proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul
istilah "perancangan proses". Salah satu contoh dari perancangan
proses adalah perancangan proses dalam industri kimia
Penggunaan istilah
design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk
bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur
dengan seni dan kriya. Di mana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir
untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan
pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu
pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada
nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang
memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni
rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.
Model/Pemodelan adalah rencana,
representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep,
yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa
model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra
komputer), atau rumusan matematis.
Grafik/Grafis (dari bahasa Inggris
"Graphic") adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti
dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi
tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan. Contohnya adalah: foto,
gambar, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris,
peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks,
ilustrasi, dan warna.
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan
satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis
lengkung (curve) atau lurus (straight).
Bentuk adalah sesuatu yang memiliki diameter tinggi
dan lebar.
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual
yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai Bahasa verbal
dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C dll.
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual
yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum
sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya gambar
orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan dalam bentuk nyata
(dengan detail).
Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik
dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan dan benda
lainnya.
Teksture adalah tampilan permukaan dari sutau benda
yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan
bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek estetika desain
dan dinamika desain grafis.
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan
besar kecilnya suatu objek.
Dengan warna orang bisa menampilkan identitas,
menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara
jelas.
Ø Prinsipnya :
·
Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini
dalam pekerjaan desain.
·
Keseimbangan
·
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan
atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
·
Penekanan (Aksentuasi)
Dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca,
sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
·
Irama (Repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua wujud yang
terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun
yang sama
Grafik
batang, atau yang dikenal juga dengan sebutan histogram dipakai untuk
menekankan perbedaan tingkat nilai dan beberapa aspek. Grafik jenis ini
merupakan grafik yang paling sederhana, sangat mudah untuk dipahami dan hanya
menggambarkan data dalam bentuk batang. Panjangnya batang menggambarkan
presentase dari data, sedangkan lebarnya semuanya berukuran sama. Tetapi
umumnya data yang dapat diperbandingkan tidak terlalu banyak, maksimalnya hanya
delapan data. Untuk lebih memperjelas perbandingan antara batang yang satu
dengan yang lainnya diperlukan warna-warna yang berbeda.
Contoh Grafik Batang
Grafik
garis, pada umumnya sering digunakan untuk menggambarkan suatu perkembangan
atau perubahan dari waktu ke waktu.
Contoh
Grafik Garis
Grafik
lingkaran yaitu penyajian dari data statistik dengan menggunakan gambar yang
berbentuk lingkaran atau gambaran naik turunnya data berupa lingkaran untuk
menggambarkan persentase dari nilai total atau nilai keseluruhan.
Contoh Grafik Lingkaran
Sumber:
Sumber
Gambar:
Comments
Post a Comment