Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Grafis & Pemodelan
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Nama : Tara Amanda
Gentawini
NPM : 56415812
Kelas : 3IA22
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
Judul Jurnal Ke-1
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat
Desain Pemodelan Grafis
Desain Pemodelan Grafis merupakan suatu proses
penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa
tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Dalam
pembuatan desain pemodelan grafis, Kebudayaan dan Teknologi pun sangat ber
pengaruh. Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikiran untuk
mengembangkan suatu desain grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan
sebagai desain grafis, sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik
dan masih banyak lainnya. Sedangkan Teknologi diperlukan karena semakin
mudah bagi kita untuk menciptakan karya desain grafis dengan waktu yang cepat
dan kita pun bisa menghasilkan banyak sekali desain grafis sehingga lebih
mengefisienkan segalanya.
Kaitan antara Desain Pemodelan Grafis dan Grafik
Komputer:
1.
Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan
3D.
2.
Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah
dibentuk.
3.
Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek
bergantung waktu.
4.
Kerangka Grafik Komputer.
5.
Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display
hardware.
Bidang Studi yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis
1. Teknik Elektronika
1. Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk
desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya
dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik
Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat
lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik
elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem
interaksi mausia - komputer.
2. Psikologi
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi
formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia -
komputer.
3. Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik
dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang
menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik
komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara
manusia dan mesin.
4. Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia - komputer secara definisi
melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa
natural’, suatu bahasa berbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian
formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai
bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal
menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi
formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi matematis, seperti
halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia Terakhir’ (Zipf,
1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer dan teknik
elektronika.
5. Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan
studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
6. Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan
studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh
teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor), antropologi dapat menyediakan
pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan
sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan
lain-lain.
7. Desain grafis dan tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis
dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem
manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan
powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru
yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Manfaat Desain Pemodelan Grafis dalam berbagai
Bidang:
1. Bidang Pendidikan
Tentunya dalam bidang yang satu ini kegunaan Desain
Pemodelan Grafis sangat berguna. Grafik komputer pada pendidikan digunakan
untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power
point ataupun software lainnya. Dengan penggunaan bentuk objek ini
diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah
diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan
simulasinya.
2. Bidang Hiburan
Dalam bidang yang satu ini penggunaan Desain
Pemodelan Grafis sangat berguna misal saja pada setiap acara televisi, sekarang
ini sudah hampir semuanya menggunakkan desain grafis. Mulai dari iklan, ftv,
sampai film sekalipun supaya jauh lebih menarik.
3. Bidang Budaya
Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, dalam
bidang budaya ini kita dapat melihat desain grafik dari penggambaran orang
orang zaman dahulu seperti pahatan pada candi, relief, batu dll. Hal ini menyebabkan
bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai
penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
4. Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk
membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan
untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan
lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan
berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model
yang sama seperti aslinya.
5. Bidang Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya,
terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi
bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya,
seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam
bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk
proyek-proyek mereka.
Pendapat
saya tentang jurnal diatas adalah kebudayaan dan teknologi sangat bepengaruh
pada pembuatan desain pemodelan grafik. Budaya juga bisa digunakan sebagai
desain grafik, diantaranya yaitu untuk membuat kerajinan kain daerah, keramik,
dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau teknologi, semakin hari semakin
canggih, jadi bisa digunakan untuk membuat/menciptakan karya desain grafik
dengan berbagai macam.
SUMBER:
http://okihardy99.blogspot.com/2014_11_01_archive.html
http://eveevania.blogspot.com/2014/11/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
http://radityacracker.blogspot.com/2011/10/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html
http://nurulayurahmawati.blogspot.com/2012/10/manfaat-desain-grafis.html
https://dwimuri.wordpress.com
Judul
Jurnal Ke-2
Pengaruh Teknologi Pada Desain Grafis
Perkembangan Sistem Grafis Di Berbagai Media
Berkembangnya desain grafis pada awalnya, media
desain grafis hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun, perkembangannya
semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya
audio dan video). Desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang
sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas
dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain
grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan
ruang. Elemen-elemen dalam desain elemen atau unsur merupakan bagian dari suatu
karya desain. Elemen-elemen tersebut saling berhubungan satu sama lain.
Masing-masing memiliki sikap tertentu terhadap yang lain, misalnya sebuah garis
mengandung warna dan juga memiliki style garis yang utuh, yang terputus-putus,
yang memiliki tekstur bentuk, dsb. Elemen-elemen seni visual tersusun dalam satu
bentuk organisasi dasar prinsip-prinsip penyusunan atau prinsip-prinsip desain.
Dalam hal ini, susunan tersebut sering kali dijadikan dasar pertimbangan atas
suatu kritik seni. Prinsip dan unsur desain. Unsur dalam
desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur
tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna)
membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut,
seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi
(”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural
komposisi yang lebih luas.
Beberapa Software Dalam Desain Grafis Perkembangan
software tentunya akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang
tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa software yang digunakan dalam hal
desain grafis antara lain :
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe After Effect
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- dll
Dalam hal ini, untuk menghasilkan suatu gambar yang
mempunyai nilai seni tinggi tidak sekedar pengguasaan software itu sendiri
tetapi lebih cendrung kepada seni dan kreatifitas serta imajinasi dalam
menuangkan ke dalam gambar tersebut
Pendapat saya tentang
jurnal diatas adalah perkembangan system desain grafik di media sangatlah
berpengaruh dan cepat sekali perkembangannya. Yang awalnya hanya di dua dimensi
saja, tapi seiring berjalannya waktu, maka semakin meningkat, dan bia
diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
SUMBER:
http://ilhampratamap.blogspot.co.id/2012/10/perkembangan-desain-grafis-di-berbagai.html
Comments
Post a Comment